OS linux yang paling populer

Siapa sih yang tidak tahu linux sebuah operating sistem yang sangat populer saat ini dengan OS mobilenya yang bernama android? sangat tidak asing bukan? Ya.
Kita tahu hampir kebanyakan orang disekitar kita menggunakan operating sistem open source ini dengan alasan user friendly, mudahnya kustomisasi, beragam aplikasi, tampilan, dll.

Tapi kali ini saya bukan menjelaskan tentang survey android tersebut. Tetapi distro linux yang paling populer untuk saat ini.
Seperti yang kita lihat pada gambar diatas menurut survey dari DistroWatch bahwa Mint sangat mendominasi 12 bulan (setahun) terakhir walaupun mengalami penuruhan hits per day (HPD). Namun sayangnya Debian yang berada diperingkat kedua dalam 3 bulan terakhir ini harus tergeser posisinya oleh openSUSE dalam 1 bulan terakhir. Tapi dari hits per day (HPD) Zorin tidak mau kalah dan ia mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga dapat menggeser posisi dari Ubuntu. 

Image result for mint linux
Mint memang mendominasi setahun terakhir ini tetapi openSUSE menunjukan taringnya jika dia mampu bersaing dengan yang lainnya. Untuk saat ini keduanya memang cukup menarik bagi para linux user, Mint yang berbasis ubuntu akan tetapi Linux Mint bukan hanya Ubuntu dengan set aplikasi dan tema desktop yang diperbarui. Para pengembang Mint ini telah menambahkan berbagai grafis alat untuk meningkatkan kegunaan, ada mintDesktop sebuah utilitas yang berguna untuk mengkonfigurasi lingkungan desktop pada Mint, ada mintMenu yaitu sebuah struktur menu baru nan elegan agar navigasi lebih mudah dan menarik, mintInstall untuk kemudahan dalam menginstall, dan mintUpdate yaitu software updater dari pengembang, dan masih banyak alat, perbaikan dan juga tambahan lainnya pada Mint, dan para pengembang juga mendengarkan pengguna dan selalu tanggap dalam menerima saran dengan baik. 

Image result for suse linux
Sedangkan openSUSE turunan dari Novell linux yang biasa digunakan untuk perusahaan ini  memiliki tool konfigurasi yang komprehensif dan intuitif serta repository package software sangat banyak juga infrastruktur pada website dan dokumentasi dalam bentuk buku. openSUSE juga memiliki kenyamanan dan keindahan dalam sentuhan cantik desktop (KDE danGNOME), dan juga system administration utility (YaST) tersebut. Walaupun openSUSE dari novell ini pernah mengalami penurunan yang dikarenakan memiliki masalah atas hak paten yang telah mengakui argumen bahwa melegitimitasi klaim hak cipta Microsoft atas Linux, ini mengakibatkan kecaman oleh banyak kepribadian Linux yang berakhir para pengguna beralih distribusi tapi sepertinya tidak berpengaruh lagi untuk saat ini apabila dilihat dari data survey diatas.



Jadi kesimpulannya berdasarkan survey yang ada Mint lebih baik dari yang lainnya? No.
Menurut saya distro linux itu relatif karna semua memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, semua itu balik lagi sesuai kebutuhan dan kenyamaan menurut dari sang pengguna.


Referensi


surya

No comments:

Post a Comment