5 Bahasa pemrograman yang paling populer

Bahasa pemrograman saat ini sudah cukup banyak dan dipelajari oleh berbagai kalangan. Dalam pengembangan aplikasi tersebut beragam developer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda tentunya. Namun dari banyaknya bahasa pemrograman yang ada, terdapat juga beberapa bahasa pemrograman populer yang paling sering digunakan saat ini.

Diatas adalah hasil survey dari PYPL PopularitY of Programming Language Index pada bulan Januari 2017 yang hasilnya bahwa Java masih menjadi bahasa pemrograman yang paling populer digunakan oleh developer didunia. Setelah itu disusul oleh Python, PHP, C#, dan Javascript yang menempati 5 besar.

Java logo

Java
Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di dunia untuk saat ini. Awalnya Java dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat masih di Sun Microsystem.
Kini bahasa pemrograman Java sudah resmi dimiliki oleh perusahaan Oracle setelah Sun Microsystem melepasnya. Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertenaga untuk mengembangkan aplikasi desktop, web, bahkan mobile.
Bahasa pemrograman Java ini populer di kalangan developer Android karena rata-rata untuk pengembangan aplikasi di platform Android ini menggunakan bahasa pemrograman Java.




python logo
Python
Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer karena mudah dipelajari dan bertenaga. Python sendiri awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Nama Python sendiri berawal dari acara komedi Monty Python yang hit di tahun 70-an.
Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang memiliki kapabilitas, kemampuan dengan sintaksis kode yang jelas dan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif,. Bisa dibilang sintaks-sintaks yang ditawarkan oleh Python ini dapat dengan mudah dipahami dan dipelajari. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan Python ini adalah Google.



PHP logo
PHP
Awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page dan seiring berjalannya waktu singkatan PHP menjadi PHP : Hypertext Propocesor.  Bahasa pemrograman ini sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.
PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk membangun website dinamis karena teknologinya yang server side scripting. Dengan teknologi pemrograman web ini membuat skrip dikompilasi atau diterjemahkan di server sehingga memungkinkan dalam menghasilkan halaman web yang dinamis.
Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membuat CMS. Beberapa CMS yang terkenal menggunakan PHP adalah WordPress dan Joomla.




C# logo
C#
Bagi developer yang biasa menggunakan Microsoft Visual Studio tentunya tidaklah asing dengan bahasa pemrograman ini. C# sendiri dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisatif kerangka .NET Framework yang menggunakan gabungan prinsi dari C dan C++.
Bagi developer yang tidak memiliki Microsoft Visual Studio untuk mengkompilasi kode-kode program dari C# ini maka dapat mencoba menggunakan Mono. Selain itu, bahasa pemrograman C# ini populer digunakan untuk pengembangan game di game engine populer seperti Unity.
C# juga populer untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis Windows maupun Windows Phone. Menariknya, dengan kehadiran Xamarin disertai Microsoft Visual Studio 2015 telah memungkinkan developer dapat mengembangkan aplikasi di Windows, Android, dan iOS dengan menggunakan C#


Image result for javascript

Javascript
Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Javascript adalah jenis bahasa pemrograman client side. Penggunaan kode javascript pada sebuah website bersifat opsional, artinya tidak harus selalu ada. Akan tetapi website dan blog modern saat ini hampir semuanya menggunakan kode javascript walaupun sedikit.

sumber 

surya

No comments:

Post a Comment